Peluang
E-Commerce Di Indonesia
Indonesia
yang masih termasuk kedalam negara berkembang dapat dikatakan kurang begitu
mampu dalam meningkatkan peluang-peluang yang sebenarnya dapat meningkatkan
perekonomian dan juga sektor-sektor lainnya melalui e-commerce. Hal ini
disebabkan masih banyaknya daerah-daerah di Indonesia yang belum memiliki akses
yang cukup luas dalam melakukan jual beli melalui media elektronik. Internet
dan jaringannya yang masih belum menyebar secara merata menyebabkan para
masyarakat yang berada di wilayah yang belum terjangkau masih belum dapat
melakukan transaksi melalui media elektronic ataupun e-commerce.
Oleh karena itu apabila pemerintah benar-benar mau untuk
fokus dalam hal pengembangan e-commerce, maka masih sangat terbuka lebar untuk
para penduduk yang sebelumnya belum merasakan kehadiran dari e-commerce. Hal
ini juga mengingat e-commerce hadir untuk dapat mempermudah transaksi jual beli
dalam masyarakat sehingga dapat mengurangi hal-hal yang sebelumnya memerlukan
waktu yang cukup lama dalam tahap jual beli tersebut. Namun bukan hanya
meratakan penyebaran e-commerce, tapi juga memberikan peringatan terntang
berbagai bahaya yang terjadi dalam pelaksanaan e-commerce selama ini, karena
untuk masyarakat yang baru mengenal e-commerce, tidak menutup kemungkinan
apabila mereka belum begitu mengerti peraturan dan bahaya-bahaya yang dapat
terjadi maka orang-orang tersebut dapat terkena penipuan yang masih kerap
terjadi kepada para pemula-pemula yang belum menerapkan keamanan atau mematuhi
panduan yang seharunya mampu menyelamatkan mereka dari tindakan kejahatan.
Kemudian juga faktor teknologi yang terus berkembang
dimana sekarang sudah mencapai 4.0 tidak menutup kemungkinan bahwa perkembangan
e-commerce akan terus naik ke tahap yang lebih tinggi lagi. Namun dari semua
peningkatan yang terjadi, kita juga harus memperhatikan lingkungan dan
interaksi yang dilakukan melalui media elektronik. Karena itu juga dapat
memberikan dampak buruk terhadap perkembangan para remaja dan juga anak-anak
yang meninggalkan beberapa pelajaran dasar yaitu pelajaran tentang kehidupan
awal dan terkena efek dari nikmatnya dunia digital. Memang hal tersebut juga
dapat mempermudah mereka dalam proses belajar ketahap selanjutnya, namun resiko
yang harus ditanggung ialah interaksi secara langsung dalam masyarakat akan
terhambat karena terlalu bergantung kepada media elektronik mereka.
Jadi peluang e-commerce memang masih sangat mungkin
berkembang, namun apakah perkembangannya mampu meningkat kearah positif atau
negatif, itu tergantung bagaimana masyarakat mampu menyikapi hal tersebut
sebagai sebuah peluang untuk menutupi kekurangan yang masih terdapat dalam
masyarakat Indonesia pada umumnya dan juga bagaimana agar masyarakat tetap atau
tidak menghilangkan interaksi-interaksi yang terjadi secara langsung karena itu
merupakan salah satu faktor-faktor yang membentuk kepribadian awal dari
seseorang.
Comments
Post a Comment